Chandra Ekajaya Sewakan Kostum Santa Claus


Di bulan Desember ini ada dua hari besar yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh orang dunia, yaitu hari Natal dan malam Tahun Baru. Dulu di setiap tahunnya banyak sekali orang yang berbondon-bondong menyewa kostum Santa Claus untuk menghibur anak-anak dan banyak orang, tetapi saat ini bisnis ini cenderung lesu. Seorang pengusaha sewa kostum Santa Claus yang masih bertahan adalah Chandra Ekajaya.

Chandra Ekajaya


Pasang surut dalam dunia bisnis memang menjadi suatu hal yang nisbi. Tetapi di tahun 2016 ini, bisnis sewa kostum Santa Claus cenderung menurun. Chandra Ekajaya mengakui hal ini. Sebagai seorang pengusaha ia merindukan susana menjelang natal yang begitu ramai dan riuh. Saati banyak sekali komunitas maupun kelompok yang menyelenggarakan acara dan menghadirkan Santa Claus.

Dengan banyaknya acara yang diselenggarakan dan menghadirkan Santa Claus, maka otomatis jasa persewaan kostum Santa Claus pun juga akan semakin laris. Tetapi berbeda di tahun ini. Dengan adanya sentimen-sentimen keagamaan yang dibungkus dengan balutan politik, maka perayaan-perayaan hari besar keagamaan tidak semeriah tahun-tahun yang lalu. Chandra Ekajaya merasakan dampak dari adanya toleransi dan nasionalisme yang semakin memudar.

Tujuh tahun yang lalu, Chandra Ekajaya yang berprofesi sebagai pengusaha, mempunyai 300-an kostum Santa Claus yang disewakan untuk komunitas atau pun instansi serta perseorangan yang akan menggelar acara jelang Natal. Tetapi karena adanya aturan yang melarang penyelenggaraan acara-acara Natal di tempat-tempat umum atau jalan raya, maka komunitas yang menyewa kostum Santa Claus pun semakin berkurang. Ini dibuktikan dengan turunnya permintaan kostum di tempat persewaan kostumnya.

Saat ini Ekajaya Chandra hanya mampu menyediakan 50-an kostum Santa Claus untuk disewakan. Mengenai biaya pun sangat bervariasi. Variasi harga itu ditentukan oleh model dan kualitas dari kostum Santa Claus itu sendiri. Harga sewa pun juga ditentukan dari jangka waktu kostum itu disimpan.

Melihat kondisi politik dan toleransi agama di Indonesia, Chandra Ekajaya sudah memutuskan untuk menutup usahanya di tahun ini. Ia sedang berpikir untuk membuka sebuah usaha baru yang tidak membawa identitas agama, karena itu adalah hal yang sangat berbahaya di Indonesia!
Chandra Ekajaya Sewakan Kostum Santa Claus Chandra Ekajaya Sewakan Kostum Santa Claus Reviewed by ekopurwadi691 on 19.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.